Facebook

Listen to Quran......mendengarkan Al-Quran juga berpahala

Listen to Quran

Pendanaan ( I )  

Friday, June 26, 2009

Tugas yang cukup berat kali ini adalah mempersiapkan dan sekaligus melakukan program pendanaan. Pendanaan yang dimaksud adalah pendanaan yang diperuntukkan sebagai persiapan pembiayaan program pensiun karyawan di perusahaan.

Sejak tahun 2004 perusahaan telah mengakui beban/kewajiban manfaat karyawan di laporan keuangannya, sesuai PSAK-24 (revisi) tentang Imbalan Paska Kerja. Namun dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Laporan Keuangan Tahun 2008, Dewan Komisaris memberikan catatan kepada Direksi agar tahun ini segera dilakukan pendanaan untuk program pensiun karyawan, selain mengingat telah dilakukan pengakuan dalam laporan keuangan perusahaan, juga karena beban yang akan semakin berat dari tahun ke tahun akibat kewajiban manfaat karyawan terutama pada pembiayaan program pensiun bagi karyawan yang mencapai usia pensiun normal yang jatuh tempo pada tahun 2010 dan 2011 nanti.

Memperhatikan perhitungan aktuaria dalam laporan keuangan tahun 2008, cukup berat beban kewajiban manfaat karyawan terhitung tanggal 31 Desember 2008. Tahun 2010 dan 2011 merupakan tahun di mana cukup banyak karyawan yang jatuh tempo usia pensiun normal (55 tahun) secara bersamaan dan juga karyawan-karyawan yang memiliki masa kerja yang cukup lama dengan gaji yang cukup tinggi, sehingga nilai pensiun sekaligus yang harus dibayarkan peruasahaan kepada mereka cukup besar pula.

Tahun 2009 diharapkan menjadi awal dalam rangka perusahaan melakukan program pendanaan program pensiun sesuai dengan kemampuan keuangan perusahaan. Betapapun sulit masalah ini, tetap perlu mendapatkan perhatian semua pihak dari mulai Direksi sampai dengan unsur pimpinan terkait termasuk para wakil karyawan yang tergabung dalam Dewan Karyawan, sehingga program pendanaan ini dapat mencapai tujuan utamanya adalah membantu perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran imbalan paska kerja, khususnya program pensiun karyawan....amin. (berlanjut).

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Amanda @ Blogger Buster